Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

 Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Proses rekrutmen yang baik haruslah mengikuti perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi, rekrutmen calon kandidat akan berjalan dengan lebih efektif dan memudahkan tim recruitment. Kuncinya adalah menerapkan hiring tools terbaik ke dalam setiap proses recruitment pekerja.

Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Teknologi Terbaik untuk Mengoptimasi Proses Perekrutan

Agar perusahaan dapat terus bersaing di era teknologi informasi hari ini, perusahaan haruslah dapat beradaptasi dengan teknologi yang sudah maju. Penggunaan teknologi di bawah ini dapat sangat membantu pekerjaan tim recruitment yang sebelumnya sangat rumit menjadi lebih simpel.

1. Employer Background Check

Teknologi Employer Background Check adalah teknologi primer yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam setiap aktivitas recruitment kandidat pekerjanya. Tahapan employer background check sendiri sebenarnya merupakan tahap fundamental yang digunakan untuk menyaring kandidat yang paling cocok.

Sebelum teknologi otomatisasi Employer Background Check hadir, perusahaan haruslah melakukan pengecekan latar belakang kandidat secara manual seperti mengecek riwayat pekerjaan, catatan kriminal, pendidikan bahkan catatan mengemudi.

Tahapan ini bisa dikatakan merupakan tahap yang paling melelahkan karena tim recruiter yang terbatas harus menyaring hingga ratusan atau ribuan aplikasi yang masuk. Dengan kehadiran teknologi Employer Background Check, maka pengecekan dilakukan secara otomatis oleh mesin dengan sangat teliti.

2. Virtual Assessment Center

Virtual Assessment Center adalah teknologi assessment atau penilaian yang dilakukan secara online dan terpusat. Teknologi ini mampu menghasilkan penilaian yang lebih objektif dan terukur mengenai kecocokan seorang karyawan dengan jobdesk tertentu yang tersedia melalui serangkaian penilaian kompetensi.

Teknologi Virtual Assessment Center nantinya akan mengukur keterampilan para pekerja menggunakan data inventaris kepribadian, tes penilaian situasional, tes kemampuan kognitif serta melalui permainan peran atau roleplaying.

Peserta juga akan dinilai berdasarkan kemampuannya dalam presentasi, studi kasus dan wawancara berbasis kompetensi. Berdasarkan analisis kasus yang diberikan oleh kandidat, teknologi ini kemudian akan memahami cara yang dilakui kandidat dalam memproses suatu informasi.

3. Recruitment Automation with Artificial Intelligence

Teknologi Artificial Intelligence benar-benar sangat memudahkan pekerjaan perusahaan terutama tim recruiter dalam menyaring setiap lamaran kerja yang masuk ke meja perusahaan. Teknologi kecerdasan buatan ini akan mempelajari setiap karakter kandidat dan keterampilannya.

Dari sini, teknologi Artificial Intelligence kemudian merekomendasikan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan kandidat. Tujuannya adalah untuk mengefektifkan penempatan kandidat di posisi yang sesuai sehingga tidak terjadi salah penempatan.

4. Interviewer Scheduler

Teknologi berikutnya yang tidak kalah penting bagi interviewer adalah teknologi Interviewer Scheduler. Teknologi ini memudahkan tim recruiter untuk mengatur jadwal interview dengan kandidat. Nantinya, para kandidat juga akan mendapatkan notifikasi berupa reminder yang dikirim secara otomatis di hari interview.

Dengan adanya teknologi Interviewer Scheduler, baik recruiter dan kandidat akan sangat diuntungkan.

Rekomendasi Recruitment Software untuk Bantu Perusahaan Mendapat Kandidat Terbaik

Pekerjaan tim recruitment bukanlah pekerjaan yang mudah. Tim recruiter dituntut untuk menemukan kandidat paling tepat dari ratusan bahkan ribuan tumpukan aplikasi para pelamar. Pekerjaan ini menuntut ketelitian serta kecakapan tim recruiter.

Untuk membantu tim recruiter menemukan kandidat terbaik, software Shortlyst berbasis kecerdasan buatan hadir untuk menyaring para kandidat pelamar. Di dalam software Shortlyst juga tersedia database besar berisi lebih dari 600 juta profil di seluruh dunia.

Shortlyst juga akan membantu menjadwalkan tahapan seleksi dan memberikan reminder kepada kandidat.

Dengan menggunakan software Shortlyst, tim recruiter akan memperoleh rekomendasi kandidat paling tepat berdasarkan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Kehadiran Shortlyst akan sangat memudahkan pekerjaan perusahaan dalam menggali profil kandidat lebih mendalam.



BACA SELANJUTNYA:

SayOneForMe


Post a Comment

Previous Post Next Post