Mengenal Penyakit Urologi Melalui Aplikasi SehatQ.com

Post a Comment

Mengenal Penyakit Urologi

 Mengenal Penyakit Urologi - Masalah kesehatan seperti gangguan pada gunjal dan prostat hingga masalah pada kandung kemih adalah penyakit urologi. Penyakit seperti ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Yuk, kenal lebih jauh mengenai penyakit yang satu ini dan bagaimana cara mencegahnya.

Apa itu Urologi?

Di kutip dari situs SwhatQ, Urologi adalah spesialisasi kdokteran yang berfokus pada gangguan dibagian kandung kemih dan reproduksi. Namun secara luas, urologi juga mencakup permasalahan kemaluan, ginjal, kanker pada saluran kandung kemih hingga sistem pada saluran kandung kemih serta reproduksi.

Masalah kesehatan tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja, melainkan anak-anak pun dapat mengalaminya. Tak heran jika urologi menjadi area kesehatan yang cukup penting untuk diperhatikan. Adapun dokter yang akan menangani gangguan pada saluran kandung kemih adalah dokter spesialis urologi.

Untuk masalah yang dialami oleh pria, dokter juga biasanya akan memeriksa kondisi kesehatan dari organ reproduksi mulai dari testis hingga penis. Tak hanya itu saja, dokter urologi juga menangani masalah pada pria lainnya seperti pembesaran, kanker prostat, batu ginjal hingga inkontinesia.

Sementara itu, jika masalah urologi ini terjadi pada wanita maka yang menanganinya tak hanya dokter urologi saja melainkan juga akan berkonsultasi pada dokter kebidanan. Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi terkadang juga membutuhkan ahl endokrin. Biasanya masalah yang terjadi juga ikut berdampak pada gangguan sistem hormon.

Jenis Penyakit Urologi

Setelah kamu mengetahui apa itu urologim berikut ini beberapa penyakit yang berkaitan dengan urologi dan perlu untuk kamu ketahui.

Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal termasuk ke dalam bagian dari yang berkaitan dengan urologi. Di mana ginjal ini merupakan dua buah organ yang memiliki bentuk mirip kacang dan mempunyai fungsi untuk menyaring cairan serta limbah yang ada pada darah. Ginjal ini jugalah yang nantinya akan memproduksi urine yang harus kita keluarkan dari dalam tubuh.

Ketika seseorang mengalami sakit pada bagian ginjal, itu artinya organ tersebut mengalami kerusakan dan tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk menyaring darah. Orang-orang yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit ginjal ini.

2.Masalah Kandung Kemih

Kandung kemih juga menjadi organ yang masih berkaitan dengan penyakit urologi. Kandung kemih sendiri adalah organ yang bisa di bilang menyerupai balon dan letaknya tepat di perut bagian bawah (panggul). Kantung kemih juga termasuk kedalam sistem kemih yang berfungsi untuk menampung urine sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh.

Aeiring bertambahnya usia bentuk dan keelastisan dari landung kemih pun akan ikut menurun seperti jadi agak keras dan tidak elastis lagi. Apabila ini terjadi, maka kandung kemih mungkin tidak dapat menampung urine sebanyak dahulu. Jadi jangan heran jika melihat orang tua sering keluar masuk kamar mandi.

3.Gangguan pada Prostat

Penyakit pada prostat juga masih berkaitan dengan penyakit utologi. Prostat sendiri merupakan sebuah kelenjar yang memiliki peran sangat penting dalam alat reproduksi pria, yakni untuk memproduksi sperma. Letak dari kelenjar ini berada di bawah kandung kemih dan membungkis seluruh tempat keluarnya urine dan sperma. Umumnya ukuran prostat ini hanya sebesar kacang kenari, namun seiring waktu ukuran prostat bisa membesar.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap mengenai penyakit urologi ini kamu bisa langsung mengunjungi situs atau aplikasi SehatQ. Penyakit urologi ini memang tak bisa dianggap remeh maka dari itu kamu bisa berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai penyakit yang satu ini.

Jika kamu memang sudah mengalami masalah penyakit urologi jangan buang-buang waktu lagi, langsung booking dokter melalui aplikasi SehatQ untuk mendapatkan saran dan perawatan dari orang yang tepat. 

Newest Older

Related Posts

Post a Comment