5 Tips Belanja Online Agar Aman dan Terhindar dari Penipuan

Post a Comment
Tips Belanja Online Agar Aman

 Tips Belanja Online - Di zaman serba digital seperti saat ini segala kebutuhan manusia bisa di dapatkan dengan mudah tanpa perlu harus keluar rumah. Pasalnya kini orang lebih menyukai berbelanja secara online ketimbang harus pergi ke pasar atau ke toko yang jauh dari rumah. Banyak keuntungan yang di dapatkan ketika berbelanja online.

Mulai dari harga yang lebih murah dari harga toko offline, banyak pilihan barang yang bisa di beli dan tentunya selalu ada diskon dan promo menarik yang tidak akan di dapatkan ketika berbelanja secara offline. Tetapi di balik kemudahan yang di tawarkan, berbelanja online juga penuh dengan risiko misalnya saja barang yang di beli ternyata barang palsu, harga tak sesuai kualitas dan barang yang di beli tak sesuai ekspetasi.

Apalagi untuk orang awam yang baru pertama kali berbelanja online pasti akan dengan mudah tertipu oleh penjul nakal. Maka dari itu di artikel kali ini Rumahaku ingin berbagi tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan.

Tips Belanja Online Agar Aman

Meskipun belanja online penuh dengan risiko, namun tetap saja berbagai penawaran yang menarik membuat para pembeli tetap memilih untuk berbelanja secara online. Untuk menghindari risiko dan berbagai tindakan penipuan ketika berbelanja online maka kamu wajib tahu tips belanja online agar aman.

Cari Tahu Reputasi Penjual

Kebanyakan orang akan berbelanja di marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lain sebagainya. Di marketplace inilah tempat berkumpulnya semua penjual dari berbagai daerah yang menjajakan dagangannya secara online. Nah, hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika ingin berbelanja online mencari tahu reputasi dari toko yang kamu pilih.

Di marketplace umumnya menyediakan menu yang menampilkan profile dari toko. Dari sinilah kamu bisa mengecek reputasi dari toko tersebbut. Pastikan jika toko online yang kamu pilih umur yang sudah cukuo lama, memiliki respon yang cepat, cek status toko apakah masih aktif dan cek testimoni pastikan lebih banyak testimoni positif ketimbang negatifnya.

Cek Ulasan Produk

Setelah penjualnya di pastikan dapat di percaya, maka tips belanja online berikutnya adalah mengecek ulasan dari produk yang hendak kamu beli. Di bagian bawah produk biasanya terdapat ulasan dari semua pembeli yang telah membeli produk tersebut. Baca ulasan yang mereka berikan, apakah berisi ulasan positif atau negatif.

Selain ulasan biasanya terdapat juga rating atau bintang yang di berikan oleh para pembeli. Rating ini juga bisa menjadi patokan apakah produk tersebut memang berkualitas atau tidak. Pastikan rating yang di berikan di atas 4 bintang. Selain itu pastikan juga pembeli yang memberikan ulasan di atas 50 orang pembeli.

Apakah Harganya Masuk Akal?

Meskipun harga barang di marketplace jauh lebih murah di banding dengan toko online. Tetap saja kamu jangan sampai tertipu dengan harga murah yang di tawarkan oleh penjual, karena hal ini bisa saja membuat kamu terjebak. Ada baiknya kamu membandingkan ptoduk yang sama ke beberapa toko sekaligus.

Apakah harganya masuk akal? Jika perbandingan harganya sedikit satu sama lain adalah hal yang wajar. Akan mencurigakan jika harga terlalu murah atau bahkan jauh melebihi yang disarankan.Apabila terlalu murah bisa saja ada niatan untuk melakukan penipuan atau malah barang yang di jual adalah barang kualitas rendah.

Baca Deskripsi Produk

Jika kamu sudah memastikan reputasi toko dan harga barang yang di jual masuk akal, maka tips belanja online agar aman berikutnya adalah membaca deskripsi sebelum membeli. Pertama, sesuaikan judul dengan deskripsi yang ada di halaman produk. Pastikan nama produk, varian, spesifikasi dan kelengkapan yang di tawarkan sudah sesuai.

Jika informasi yang di berikan pada kolom deskripsi masih kurang lengkap maka kamu bisa langsung menanyakannya ke pihak penjual. Biasanya marketplace telah menyediakan fitur chat antara penjual dan pembeli. Jangan tanyakan hal-hal yang sudah jelas di tulis pada deskripsi. Tanyakan hal-hal yang masih kamu belum ketahui soal produk yang di jual.

Hindari Transfer Langsung

Sebaiknya, pilih platform marketplace jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual. Jadi kamu tidak akan langsung mengirim uang ke penjual. Akan tetapi di tampung terlebih dahulu oleh pihak Sebaiknya, pilih platform marketplace jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual. dan nanti akan di transfer ke si penjual setelah barang di pastikan tiba ke tangan pembeli.

Tentu saja ini jauh lebih aman ketimbang kamu membeli ke toko online yang tidak jelas dan tidak memiliki badan hukum. Selain itu fitur yang juga ada oada marketplace besar adalah COD atau bayar di tempat. Jadi setelah barang sampai di rumah kamu baru membayarnya, cara ini jauh lebih aman lagi karena kamu bisa memastikan barangnya sebelum membayarnya.

Nah itu tadi adalah pembahasan kami untuk tips belanja online agar aman dan terhindar dari tindakan penipuan. Dengan mengikuti cara-cara di atas maka kamu yang berniat belanja online di jamin akan terhindar dari rindakan penipuan. 

Related Posts

Post a Comment