5 Cara Merawat Laptop dengan Benar Agar Lebih Awet

Post a Comment
Cara Merawat Laptop dengan Benar

 Cara Merawat Laptop Agar Awet - Laptop merupakan salah satu perangkat yang sangat di butuhkan untuk saat ini. Berbeda dengan komputer yang punya ukuran besar, laptop memiliki ukuran yang jauh lebih compact sehingga bisa di bawa ke mana saja dan tentunya bisa lebih menunjang produktivitas di luar rumah.

Sayangnya meski ukurannya lebih kecil dari komputer, tetap saja harga dari sebuah laptop masih tergolong mahal untuk sebagian orang. Agar laptop dapat di gunakan dalam jangka panjang, maka kita sebagai pengguna harus mengetahui bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar.

Cara Merawat Laptop dengan Benar

Layaknya sebuah barang elektronik, laptop pun dapat mengalami kerusakan jika tidak di rawat atau jika cara perawatannya yang salah. Tentu kamu pasti tidak ingin jika laptop yang baru saja di beli tiba-tiba rusak karena kamu salah dalam merawatnya. Maka dari itulah di artikel kali ini Rumahaku ingin berbagi tips seputar bagaimana cara merawat laptop dengan benar agar lebih awet dan tahan lama.

Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur

Salah satu hal yang membuat orang lebih menyukai laptop ketimbang komputer adalah bisa di gunakan di mana saja, termasuk menggunakannya di atas kasur. Namun meski bisa di gunakan di mana saja, sebagai pengguna kita harus meletakkan laptop di tempat yang aman. Kasur merupakan tempat yang tudak aman untuk laptop karena kasur dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop.

Sirkulasi udara pada laptop biasanya berada di bagian bawah laptop, jika laptop di letakkan di kasur yang empuk justru badan kasur akan menutupi lubang tempat sirkulasi udara. Dampaknya sustem pembuangan udara pada laptop akan terganggu dan hasilnya laptop kamu akan mengalami overheat akibat dari udara panas yang tak bisa keluar karena terhalang oleh badan kasur.

 Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Satu lagi kebiasaan pengguna laptop yang malah membuat laptop menjadi cepat rusak adalah menutup layar LCD laptop setelah di gunakan. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu bermain laptop di kondisi ruangan yang memiliki pendingin sehingga suhu laptop akan terjaga agar tetap dingin. Namun ini akan menjadi masalah jika laptop dalam kondisi panas.

Karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut. Jika kamu berada di kantor atau sekolah yang tidak memiliki pendingin rungan, sebaiknya 10 menit sebelum jam pulang kamu sudah mematikan laptop agar suhu cepat turun.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Main Game

Selain bisa di gunakan untuk menunjang produktivitas, sebuah laptop juga bisa di gunakan untuk bermain game. Di sini kami sangat menyarankan untuk tidak rerlalu sering menggunakan laptop untuk bermain game. Meski laptop lebih praktis dan mudah di bawa, namun dari segi performa dan daya tahan komputer tetap lebih unggul.

Pasalnya laptop memang tidak di desain untuk kebutuhan gaming, meskipun saat ini ada laptop dengan embel-embel gaming. Jika kamu hanya bermain game ringan seperti Angry Bird maka ini tak akan jadi masalah. Namun jika kamu menggunakan laptop untuk bermain game berat seperti PUBG maka ini bisa mengakibatkan laptop overheat karena terlalu sistem di paksa untuk bekerja keras dalam waktu yang lama.

Gunakan Software Security Protection

Jika dari tadi kita hanya merawat bagian luar laptop saja, maka kini kita juga harus merawat bagian dalam atau lebih tepatnya bagian sistem laptop itu sendiri. Selain kerusakan dari luar, laptop juga bisa mengalami kerusakan dari dalam yang biasanya di akibatkan oleh adanya virus dan malware berbahaya yang ada di dalam laptop.

Maka dari itu untuk menghindari hal ini kamu harus memasang software antivirus agar terlindungi dari serangan virus. Lakukan scanning virus secara rutin untuk mendeteksi apakah ada virus yang hinggap di dalam laptop kamu. Gunakan juga software internet security agar kegiatan browsing kamu bisa lebih aman.

Rutin Membersihkan Laptop dari Kotoran

Langkah terakhir sekaligus yang paling penting dalam tips merawat laptop agar awet adalah dengan rutin membersihkan laptop dari debu dan kotoran yang menempel di permukaan laptop. Kamu bisa menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan permukaan badan laptop.

Sementara itu untuk bagian keyboard, kamu bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan debu yang menempel di sela-sela keyboard. Nah, jika kamu pandai dalam membingkar laptop tak ada salahnya juga untuk sekalian membersihkan bagian dalamnya. Lakukan hal ini setidaknya satu bulan sekali supaya laptop tetap terjaga kebersihan dan keawetannya.

Nahm itu tadi adalah sedikit tips bagaimana cara merawat laptop dengan benar agar lebih awet. Agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki laptop ke tempat servis, maka lakukan cara-cara di atas supaya laptop kamu tetap awet dan tak mudah rusak.

Related Posts

Post a Comment